Ramuan Herbal Ampuh sebagai Anti Ketombe

ramuan herbal kulit kepala bebas ketombe, mengatasi ketombe, cara menghilangkan ketombe, penyebab ketombe, cara mengatasi ketombe, menghilangkan ketombe, ketombe dan penyebabnya, penghilang ketombe, anti ketombe,

Ketombe

Anda tentunya masih ingat dengan slogan salah satu produk shampo yang ada di iklan televisi “Pakai hitam siapa takut?’… Ya, itu adalah slogan untuk shampo anti ketombe yang sangat terkenal di Indonesia.

Banyak produsen produk kecantikan yang berlomba-lomba membuat produk anti ketombe. Kondisi tersebut mengidikasikan bahwa kecemasan masyarakat bahwa ketombe mempengaruhi kecantikan cukup besar, dan hal inilah yang menyebabkan permintaan terhadap shampo anti ketombe cukup tinggi.

Ketombe bersifat tidak terlalu berbahaya dan bukan merupakan penyakit berat. Namun, jika kulit kepala kita berketombe maka dapat menimbulkan rasa gatal. Rasa gatal ini menyebabkan tangan kita tak bisa berhenti menggaruk kulit kepala. Nah, jika menggaruk dengan tangan kotor bisa memicu terjadinya luka dan bakteri masuk pada kulit yang luka sehingga bisa terjadi infeksi.

Ketombe merupakan peningkatan jumlah kulit kepala yang mati karena adanya pengaruh peningkatan suhu pada kulit kepala yang meningkatkan  flora normal pada kepala. Gejala ketombe secara umum yang tampak adalah munculnya sisik-sisik putih pada kulit kepala, menyebabkan gatal dan jika parah bisa menyebabkan kerontokan rambut.  Seringkali ketombe juga diikuti dengan warna kulit menjadi kemerahan serta iritasi. Ketombe lebih banyak menyerang orang di daerah tropis karena suhu tinggi dan udara yang lembab.

Orang dengan kulit berminyak , imunitas rendah, stress, makanan berlemak,  juga kebersihan tubuh yang buruk  bisa meningkatkan kecenderungan timbulnya ketombe. Penderita ketombe biasanya mengalami gatal pada siang hari, dimana suhu udara serta aktivitas lebih tinggi dibandingkan pada malam hari.

Penggarukan yang dilakukan akhirnya menyebabkan pelepasan lapisan keratin epidermal yang menempel di batang rambut dan jatuh ke baju.  Baju yang kotor serta kebiasaan menggaruk kepala inilah yang bisa mengurangi nilai penampilan seseorang.

Saat ini banyak produk shampoo anti ketombe yang beredar untuk menyembuhkan ketombe. Umumnya produk shampoo tersebut mengandung ZPT atau Zinc Phyrition yang berfungsi mencegah berkembanganya P. ovale. Selain dengan menggunakan shampo,  ada baiknya juga memakai ramuan herbal sehingga penyembuhan kulit kepala dari ketombe semakin cepat. Ada beberapa ramuan yang bisa dicoba, yakni :

  1. Ramuan I : Santan kelapa (100 ml), air buah jeruk purut (100 ml), dan air buah nanas (100 ml). semua bahan tersebut dicampur dan digunakan untuk membasahi kulit kepala
  2. Ramuan II : Daun galing 10 g dan buah nanas muda segar sebanyak 1 ons. Caranya yakni dengan melumatkan daun galing dan buah nanas muda, diamkan dan selanjutnya disaring. Hasil saringan tersebut selanjutnya digunakan untuk mencuci kulit kepala.

Selain menggunakan ramuan herbal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah  ketombe yakni dengan cara menjaga kebersihan kulit kepala, mengatur pola makan, serta menghindari stress. Selamat mencoba!

Posted on 07/12/2011, in Tips Merawat Rambut and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: