Mencegah Rambut Beruban Dengan Urang Aring

perawatan rambut uban, cara merawat rambut secara alami, tips rambut hitam, merawat rambut beruban, membuat rambut hitam, mencegah rambut beruban, cara menghilangakn uban dengan urang aring, ramuan herbal untuk rambut beruban

Rambut Beruban

Rambut merupakan salah satu komponen kecantikan yang sangat penting bagi wanita. Tak salah banyak yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota wanita. Rambut bisa juga difungsikan untuk memodifikasi wajah seseorang agar terlihat lebih anggun dan berkarakter. Pentingnya rambut bagi wanita ditanggapi banyak pihak dengan membangun berbagai klinik kecantikan untuk perawatan rambut serta membuat produk kecantikan perawatan rambut.

Berbagai masalah dapat menyerang rambut anda antara lain kerontokan, ketombe, kebotakan, kering, kusam serta uban. Pada artikel ini kita akan secara khusus membahas salah satu masalah umum yang dijumpai pada rambut kita yakni uban.

Pada titik akar rambut terdapat lingkaran sel yang mengasilkan zat melanin, zat warna gelap yang menentukan warna rambut. Bila sel-sel mati, maka warna rambut tidak bersinar lagi tetapi menjadi kusam. Bila sel melanin pada rambut mati, warna rambut tidak lagi gelap dan akhirnya tumbuh rambut berwaran putih yang disebut uban.

Uban muncul pada wanita lebih cepat yakni 39 tahun, sedangkan pada pria uban muncul pada umur 40 tahun. Uban yang timbul pada usia muda biasanya dikarenakan oleh faktor genetis. Stress juga bisa mempengaruhi percepatan tumbuhnya uban. Jika bukan karena faktor genetis, munculnya uban terlalu dini bisa dicegah.

Untuk mencegah rambut beruban kita bisa memanfaatkan bahan herbal alami di sekirar kita, salah satunya adalah urang-aring. Urang-aring yang juga dikenal dengan nama latin Ecliptica alba.  Urang-aring merupakan tanaman kecil dengan ketinggian mencapai 80 cm serta memiliki batang bulat yang bercabang-cabang. warna batangnya adalah coklat kehijauan. Daun urang-aring memiliki bentuk bulat telur memanjang dengan ujung runcing dan tepi bergerigi halus. Tanaman urang-aring ini dapat dijumpai di daerah tepi pantai dengan ketinggian lebih dari 1500 mdpl serta tumbuh di tempat terbuka, pinggir jalan, dan cenderung liar.

Cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat urang-aring untuk mengatasi uban adalah dengan menumbuk halus daun urang aring sebanyak satu genggam. Selanjutnya hasil tumbukan tersebut dicampur dengan air sebanyak satu gelas dan direbus dalam keadaan tertutup hingga mendidih selama 30 menit. Setelah dingin, basuhkan air rebusan urang-aring tersebut pada kulit kepala hingga meresap ke dalam pori-pori. Cara ini bisa dilakukan tiga kali seminggu untuk mencegah rambut beruban.

Selain cara yang sudah disebutkan di atas, terapkan juga perilaku hidup sehat untuk mengindari munculnya uban. Hindari stress dan makan makanan dengan kandungan gizi tinggi terutama vitamin B, karena kekurangan vitamin B bisa membuat rambut berubah warna menjadi putih.

Selain itu olah raga bisa mendorong penyebaran nutrisi yang baik pada tubuh sehingga produksi melanin bisa lebih teratur. Hindari rokok dan kebiasaan minum minuman keras karena bisa menyebabkan terhambatnya penyerapan vitamin. Selamat Mencoba!

Posted on 10/12/2011, in Tips Merawat Rambut and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

%d blogger menyukai ini: