Daun Sirih Ampuh Mengatasi Keputihan

tips mengobati keputihan, ramuan herbal, merawat tubuh, manfaat dan khasiat daun sirihKebersihan organ kewanitaan merupakan suatu keharusan untuk beraktivitas sehari-hari dengan aktif dan percaya diri. Keputihan merupakan salah satu gangguan pada organ kewanitaan wanita yang sangat mengganggu. Memang jika seorang wanita terkena keputihan tidak tampak dari luar, tapi pasti secara tak sadar akan mempengaruhi kecantikan tubuh.

Apa itu keputihan?

Keputihan merupakan gangguan pada vagina yang disebabkan oleh jamur. Salah satu jamur penyebabnya adalah jamur Candida albicans. Dalam bahasa medis keputihan disebut juga dengan istilah Flour Albus. Secara normal, vagina mengeluarkan cairan yang berfungsi membantu fungsi reproduksi. Selama senggama vagina mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk membantu penetrasi penis. Jika cairan tersebut muncul secara abnormal artinya banyak dan berubah-ubah, maka hal inilah yang disebut dengan Keputihan.

Keputihan bisa menyebabkan rasa gatal di sekitar bibir vagina dan di luar bibir vagina, terutama jika sudah menimbulkan infeksi. Selain gatal, seringkali keputihan juga menimbulkan bau yang tidak sedap yang disertai dengan keluarnya cairan berwarna cokelat atau kuning.

Keputihan diakibatkan oleh kondisi fisik wanita yang terlalu lelah dan saat daya tahan tubuh melemah juga pada masa pubertas pada gadis muda. Cairan yang keluar pada saat keputihan umumnya berasal dari dinding rahim.

Kebiasaan buruk penyebab keputihan

Jamur dan bakteri penyebab keputihan umumnya berasal dari kebiasaan buruk kita yang lalai memperhatikan organ kewanitaan. Kebiasaan tersebut antara lain pemakaian pakain dalam yang terlalu ketat, menggunakan air yang kotor saat buang air kecil/besar, jarang mengganti panty liner atau celana dalam, jarang mengganti pembalut pada saat menstruasi, makan tidak teratur, kurang olahraga dan sering barganti pasangan seksual.

Sirih, si pengusir keputihan

Untuk menyembuhkan keputihan, kunci utamanya adalah menjaga kebersihan organ kewanitaan, menghindari stress serta olahraga secara teratur. Untuk membantu penyembuhan dari keputihan serta menjaga kebersihan wanita kita bisa memanfaatkan bahan herbal salah satunya daun sirih.

Daun sirih (Piper betle) merupakan daun yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan oleh masayarakat tradisional. Sirih merupakan tanaman merambat dengan batang berwarna coklat kehijau-hijaun dan beruas yang merupakan tempat munculnya akar.

Sirih mudah dijumpai, karena tumbuhan ini tumbuh liar, umumnya pada daerah dengan ketinggian lebih dari 300 mdpl. Sirih juga biasanya dimanfaatkan untuk penghias rumah yang dikembangbiakan dengan cara stek sulur. Dalam mencegah keputihan, sirih berperan untuk menjaga kehigienisan daerah kewanitaan kita.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ,rebus 10 helai daun sirih yang telah dicuci bersih bersama 6 gelas air. Rebus selama 15 menit dalam keadaan tertutup. Setelah itu, air rebusan didiamkan hingga dingin, lalu disaring. Air saringan terebut bisa dimanfaatkan untuk cebok. Hal ini sebaiknya dilakukan secara teratur hingga keputihan sembuh. (Safinah Hakim)

Posted on 20/12/2011, in Tips Merawat Tubuh and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

%d blogger menyukai ini: