Yuk Mengenal Kulit dan Penyebab Kerusakannya

Mengenal kulit dan mengenal kerusakannya, merawat kulit, mengetasi kerusakan kulit, regenerasi kulitKita semua sudah pasti tahu apa dan bagaimana kulit secara garis besar. Tetapi, tak banyak yang tahu apa itu kulit secara lebih terperinci. Nah, melalui tulisan ini saya mengajak anda untuk mengetahui lebih detil tentang kulit.

Kulit Adalah

Kulit merupakan salah satu panca indra manusia yang berfungsi sebagai indra perasa. Kulit terletak di permukaan tubuh dan memiliki fungsi krusial bagi manusia meskipun wujudnya sangat tipis.

Pada tubuh manusia, kulit merupakan komponen penyusun tubuh yang paling berat yakni sekitar 15% dari berat badan. Kulit manusia memiliki tebal rata-rata yakni 1-2 mm, kecuali pada telapak tangan dan kaki yang ketebalannya bisa mencapai 6 mm. Kulit menjadi simbol kecantikan karena kulit terletak di bagian tubuh terluar yang kasat mata. Selain itu, kulit bisa menunjukkan indikator kesehatan bagi sang pemiliknya.

Kulit yang tidak sehat atau rusak seringkali menimbulkan ketidakpercayaan diri. Oleh karena itu banyak orang terutama kaum hawa berlomba-lomba untuk melakukan perawatan kulit.

Tipe dan Jenis Kulit

Secara umum terdapat empat tipe kulit manusia, yakni kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Pada umumnya orang memiliki kulit berminyak dan pada akhirnya cenderung kering seiring pertambahan umur. Tipe kulit manusia ini dipengaruhi oleh banyak faktor.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tipe kulit adalah, yakni hormon androgen/estrogen serta homon tiroid. Pada remaja, kelenjar minyak cenderung lebih aktif sehingga kulit cenderung berminyak. Terlalu banyak hormone androgen pada pria bisa menyebabkan prooduksi sebum meningkat dan meningkatkan resiko terkena jerawat.

Sebaliknya, pada wanita peningkatan hormone estrogen bisa mengurangi produksi sebum sehingga menurunkan resiko terserang jerawat. Selain hormon, pertumbuhan kulit juga dipengaruhi jenis-jenis makanan yang anda konsumsi .

Penyebab Kerusakan Kulit

Karena terletak di bagian terluar tubuh, kulit memilki respon yang cepat jika terkana pengaruh lingkungan.  Beberapa penyebab kerusakan kulit adalah sebagai berikut :

  • Sering terpapar sinar matahari yang mengandung ultraviolet sehingga bisa menghancurkan protein kulit, seperti kolagen dan elastin. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi cepat keriput
  • Kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga gampang terinfeksi jamur atau mikroba lainnya
  • Penggunaan kosmetik yang tidak tepat
  • Stress dan kurang tidur

Menjaga Kesehatan Kulit secara Alami

Dari uraian singkat di atas, pasti anda sudah tahu lebih banyak tentang kulit. Kulit sangat berharga bagi kesehatan dan kecantikan kita, oleh karena itu perlu usaha untuk merawatnya.  Beberapa tips perawatan kulit yang bisa anda lakukan yakni sbb:

  • Minum air putih 8 gelas sehari, untuk memperlancar¬† proses sekresi dan ini bisa membuat kulit menjadi lebih lembab
  • Mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan kulit dan menhilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit Nampak kusam
  • Mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin
  • Gunakan masker dari bahan herbal alami seperti alpukat, papaya, dll
  • Hindari stress

Untuk mendapatkan kulit tubuh dan kulit wajah sehat tidak sulit bukan? Selamat Mencoba!

Posted on 25/12/2011, in Tips Merawat Tubuh and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

%d blogger menyukai ini: